Nama Perusahaan yang Unik dan Inspiratif

Nama Perusahaan yang Unik dan Inspiratif

 Nama perusahaan adalah elemen penting bagi kelangsungan sebuah usaha. Selama ini, banyak orang yang hanya fokus pada produk dan jasa yang dihasilkan. Mereka lupa bahwa nama usaha juga sedikit banyak memberi kontribusi pada kesuksesan perusahaan. Sebagian orang mungkin dapat dengan cepat mencari nama yang sesuai untuk perusahannya. Namun bagi sebagian lainnya, mungkin dibutuhkan waktu dan proses panjang untuk menamai perusahaannya. Bahkan tak jarang, perusahaan berganti nama beberapa kali.

Sejarah Nama Perusahaan Besar Dunia

Jika Anda belum menemukan nama yang pas untuk perusahaan Anda, jangan khawatir. Ada banyak inspirasi di luar sana, seperti perusahaan-perusahaan ternama dunia di bawah ini. Sangat menarik mengetahui bagaimana pendirinya menemukan nama yang akhirnya membawa kesuksesan.

Volkswagen

Dalam bahasa Jerman, Volkswagen secara harfiah berarti ‘mobil rakyat’. Dimulai dengan mimpi Adolf Hitler untuk membuat mobil yang bisa dibeli banyak orang (harga terjangkau dan dapat mengangkut orang banyak), ia menamai mobil tersebut dengan nama Volkswagen. Projek ini dikembangkan oleh pabrik mobil Porsche. Hasilnya adalah sebuah mobil dengan harga terjangkau yang dapat mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak, dengan kecepatan lebih dari 60 mph.

Asus

Tahukan Anda bahwa perusahaan Asus, produsen laptop ternama di dunia, mendapat namanya karena terinspirasi oleh Pegasus, kuda bersayap di mitologi Yunani? Perusahaan asal Taiwan ini mulanya berharap Asus dapat memajukan industri komputer Taiwan bak Pegasus yang bisa terbang melambung tinggi di angkasa. Impian tersebut kini tampaknya sudah terwujud mengingat Asus sukses merajai pasar laptop global.

Starbucks

Sebagai jaringan kedai kopi raksasa di dunia, siapa sih yang tidak tahu ? Sebagai informasi, saat ini terdapat lebih dari 24 ribu retail store tersebar di lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia. Pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana ide nama Starbucks?

Ternyata, nama Starbucks berawal dari pengalaman salah satu pendirinya, yaitu Gordon Bowker. Saat itu ia bertemu dengan seseorang yang bercerita padanya tentang sebuah kota tambang tua bernama Starbo. Secara tidak sengaja, Bowker kemudian teringat pada salah satu karakter novel Moby-Dick yang ditulis Herman Melville. Karakter tersebut bernama Starbucks, mirip dengan nama pertambangan tua Starbo. Nama Starbucks kemudian digunakan untuk menamai kedai kopinya, go now.

Adidas

Siapa sih yang belum pernah mendengar nama Adidas? Bahkan banyak di antara kita pasti sudah pernah membeli atau memakai sepatu Adidas produksi perusahaan asal Jerman ini. Tak hanya sepatu, perusahaan yang didirikan Dassler bersaudara ini juga memproduksi pakaian, tas, dan aksesori. Didirikan tahun 1920, Adidas sekarang menjadi salah satu perusahaan sepatu paling sukses di dunia.

Nama Adidas sendiri diketahui merupakan singkatan dari salah satu pendirinya, yaitu Dolf (Adi) Dassler. Menggunakan nama pendiri perusahaan untuk menamai perusahaan memang merupakan hal yang sangat umum. Hal ini juga sebagai wujud apresiasi diri karena telah berhasil membuat suatu perusahaan.

Menariknya, beberapa pihak menganggap bahwa Adidas sebenarnya adalah akronim dari ‘All day I dream about sports’. Jika diperhatikan secara seksama, masing-masing huruf pertama dari setiap kata pada kalimat tersebut, apabila digabungkan akan membentuk kata Adidas. Perusahaan sepatu ini memang memproduksi sepatu khusus olahraga.

Nah, bagaimana dengan Anda? Pikirkan hal-hal kecil dan sederhana sebagai sumber ide nama perusahaan. Siapa tahu dari ide kecil tersebut, nama perusahaan Anda akan mendunia dan dikenal banyak orang.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 12 Februari 22 - 22:51 WIB
Dalam Kategori : NAMA PERUSAHAAN
Dibaca sebanyak : 97 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank