Mengapa Membutuhkan Hak Merek Untuk Desain Anda

Mengapa Membutuhkan Hak Merek Untuk Desain Anda

Pernahkah Anda dengar mengenai hak kekayaan intelektual (HKI)? HKI berlainan dengan hak cipta, sebab hak cipta ditujukan membuat perlindungan kreasi di bagian seni. Sedang menurut undang-undang, hak kekayaan intelektual sendiri meliputi hak merek berbentuk simbol, nama, kata, serta semacamnya, hak design industri, merek atas penemuan satu produk, serta beberapa hak yang lain.

Praktik ikuti mengikuti serta sama-sama tiru kerap kali berlangsung di dunia usaha. Faktor yang biasa diikuti di dunia usaha ialah design satu produk. Di pasar, kita kerap menyaksikan beberapa produk yang sesungguhnya adalah hasil jiplakan dari hak merek atau merek populer. Oleh karenanya, penting untuk satu usaha untuk mendaftar hak kekayaan intelektual atas design produknya.

Lalu kenapa hak merek untuk design ini penting untuk usaha Anda? Yok, baca keterangan di bawah ini.

Dengan mendaftar hak merek design, Anda akan memperoleh agunan pelindungan hukum atas hak-hak Anda selaku faksi yang membuat design itu. Hak-hak itu dapat berbentuk hak kepribadian untuk menghargakan posisi selaku pembuat serta hak ekonomi untuk mendapatkan faedah ekonomi atas ciptaan. Pelindungan hak-hak ini ialah senjata penting untuk otensitas usaha Anda. Hingga bila ada usaha plagiarisme design pada produk Anda, faksi peniru bisa digeret ke meja hijau untuk mempertanggung jawabkan tindakannya.

UNTUK MELINDUNGI DARI PEMBAJAKAN

Adanya pelindungan hukum barusan, automatis hak pemilikan atas design bisa meminimalkan risiko berlangsungnya tindak plagiat pada produk Anda. Merek design ini bisa membuat perlindungan usaha Anda dari gempuran pesaing yang akan menjiplak usaha Anda. Oleh karenanya, baru mengatur hak merek sesudah usaha mulai tumbuh besar ialah satu cara yang salah, sebab beberapa aset usaha Anda, terhitung design, jadi tidak terlindung dari pembajakan beberapa pihak tidak bertanggungjawab.

SEBAGAI PENDORONG UNTUK BERINOVASI

Sebab terlindung haknya, beberapa pebisnis tetap bereksperimen tiada rasa cemas. Selaku contoh, lihatlah bagaimana perusahaan Apple sukses jadi berhasil karena ada hak atas merek, design, serta hak merek untuk produknya. Apple populer dengan beberapa pengembangan yang sukses dimerekkan. Tidaklah aneh, perusahaan ini semakin besar serta kuat hanya karena mereka yang bisa memakai hak cipta itu.

BISA DIKOMERSIALISASIKAN

Selaku pemegang hak merek atas design, Anda memiliki hak melipatgandakan, membagikan, atau sewakan ciptaan Anda untuk mendapatkan keuntungan komersial. Hingga, Anda dapat meningkatkan usaha dengan jual lisensi atas produk Anda, misalkan design yang Anda punyai. Lisensi ini menjadi salah satunya asset usaha Anda yang dapat mengundang beberapa investor untuk tiba memberikan modal, karena design Anda mempunyai nilai jual serta tidak dapai digunakan oleh sembarangan faksi.

Demikian beberapa faedah keutamaan mendaftar merek atas design Anda secara hukum. Benar-benar terang jika hak ini benar-benar diperlukan untuk usaha Anda. Selaku anjuran, daftarkanlah merek design Anda selekasnya untuk menghindar plagiarisme atau pembajakan dari pesaing dengan usaha semacam. Janganlah sampai, Anda kedahuluan pelaku yang lain tidak bertanggungjawab.

Tiada status merek dagang yang tentu, usaha apa yang Anda lakukan dalam tawarkan produk akan sia-sia karena siapa dapat sontek produk Anda. Ini memungkinkannya berekor pada pengurangan citra perusahaan, apalagi jika produk jiplakan di pasar memiliki kualitas rendah yang tidak penuhi standar produksi perusahaan Anda.

Merek dagang yang sudah terdaftar akan membantu masyrakat memisah antara barang orisinal yang palsu, sekaligus mencirikan kualitas produk Anda ke konsumen.

Begitu beberapa keuntungan yang dapat Anda petik dari mendaftarkan merek dagang perusahaan secara resmi. Sebagai saran, register merek dagang semestinya ditangani sesegera untuk menghindari ada kompetitor yang menggunakan merek seperti. Beberapa perusahaan bahkan didapati telah mendaftarkan merek dagangnya jauh sebelum perusahaan itu mulai bekerja. Jangan meredam-nahan karena ini memiiki urgensi baik dari segi hukum atau usaha.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 21 Februari 21 - 07:37 WIB
Dalam Kategori : HAK MEREK DESAIN, HAK MEREK
Dibaca sebanyak : 95 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank