Inilah Keuntungan Pendaftaran Kelas Merek

Inilah Keuntungan Pendaftaran Kelas Merek

Pendaftaran kelas merek adalah peran penting dalam hal ekonomi atau dunia perdagangan barang dan jasa sebagai pembeda dengan produk yang sejenis. Kelas barang dan jasa adalah jenis yang memiliki kesamaan karakteristik. Berikut ini beberapa keuntungan dari pendaftaran kelas merek dagang.

Mengapa Harus Melakukan Pendaftaran Merek?

Persyaratan pendaftaran merek diatur dalam undang-undang, sehingga untuk memperoleh perlindungan merek harus dilakukan pendaftaran. Karena merek yang terdaftar akan mendapat perlindungan hukum begitu juga sebaliknya.

Dalam sistem pendaftaran, prinsip penerimaan merek adalah yang pertama mengajukan. Artinya siapa saja yang mendaftar terlebih dahulu akan diterima pendaftarannya tanpa mempersoalkan apakah pendaftar tersebut benar-benar menggunakan merek tersebut untuk kepentingan usahanya.

Hal ini juga untuk menjaga agar tidak terjadi pemalsuan, kecurangan, atau kesamaan apa pun secara keseluruhan atau pada intinya dengan produk milik orang lain.

Keuntungan Pendaftaran Kelas Merek

Ada banyak keuntungan dari mendaftarkan merek atau suatu produk yang sudah dikenal masyarakat. Dengan mendaftarkan merek otomatis produk anda suudah memiliki tanda untuk membedakan dengan produk dari pihak lain. Beberapa keuntungan lain mendaftarkan merek dagang adalah:

Hak Eksklusif

mendaftarkan merek adalah tindakan yang efektif untuk menjamin eksklusivitas hukum atas penggunaan logo dan sebagainya. Seperti halnya hak material lainnya, merek dagang memiliki hak eksklusif, yang dapat mencegah orang lain menggunakan merek tersebut.

Ruang Lingkup Perlindungan Hukum

Dengan mendaftarkan merek, maka akan diberikan perlindungan dalam lingkup nasional dan internasional untuk melakukan kegiatan usaha.

Mencegah Pihak Lain

Dengan pendaftaran merek, pemilik produk dapat melarang pelaku usaha lain untuk menggunakan merek yang sama dengan merek atau produk miliknya. Pengendalian penggunaan merek yang dimiliki dengan menggunakan mekanisme perizinan terhadap pihak lain.

Menikmati Nilai Ekonomi

Memegang merek terdaftar dapat secara signifikan memengaruhi nilai bagi pembeli karena setiap pembeli suatu produk cenderung membayar lebih untuk niat baik yang dibangunnya. Perlindungan merek berlakau selama 10 tahun dan masih bisa diperpanjang dengan membayar sejumlah biaya.

Asalkan tidak ada perbedaan nama merek atau jenis barang yang diproduksi dalam waktu 10 tahun. Pemilik merek yang ingin menjalankan usahanya bersama-sama dengan pihak lain terkadang mendaftarkan mereknya secara bersama-sama bahkan dengan nama perusahaan.

Hal ini dimungkinkan, tetapi akan lebih menguntungkan jika merek tersebut didaftarkan atas nama pribadi. Hal ini untuk menghindari masalah karena pemegang saham dapat mengklaim merek tersebut.

Dengan mendaftarkan atas nama pribadi, pemilik merek tetap memiliki hak atas merek tersebut. Dari perspektif bisnis, dalam hal kepemilikan hak merek atas nama pribadi. Jika perselisihan terjadi pada satu waktu, dapat berimplikasi pada aset pribadi karena tanggung jawab langsung kepada orang pemilik merek.

Jika pemilikan merek atas nama perusahaan, maka tanggung jawab tersebut tidak termasuk harta pribadi. Namun tetap ada resiko gugatan pembatalan oleh pihak ketiga kepada merek yang terdaftar.

Apakah Sertifikat Merek Dapat Diganti?

Hak atas merek dapat berpindah karena beberapa hal seperti warisan, wakaf, atau alasan lain yang dibenarkan oleh undang-undang. Jadi jika seseorang ingin bekerjasama dengan orang lain atau perusahaan, perubahan nama hanya dapat dilakukan selama masa pendaftaran dan setelah itu hanya dapat dilakukan dengan mengalihkan hak merek.

Pengalihan hak merek harus didaftarkan langsung di DJKI. Sekian ulasan tentang keuntungan pendaftaran kelas merek yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 09 Oktober 21 - 08:28 WIB
Dalam Kategori : KEUNTUNGAN DAFTAR MEREK, KEUNTUNGAN HAKI
Dibaca sebanyak : 182 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank