Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual

Mungkin diantara kalian sedang kebingungan membuat makalah hak kekayaan intelektual. Nah, artikel ini akan sedikit membantu kalian untuk menyusun makalah dengan benar. Ada beberapa poin yang harus dicantumkan dalam makalah, agar makalah tersusun sesuai standar.

Susunan Makalah Hak Kekayaan Intelektual https://pendaftaranmerekdagang.com/hak-kekayaan-intelektual/

Hal pertama yang harus ada di dalam makalah yaitu judul. Penting untuk memilih judul yang sesuai dengan tema/topik. Jika Kamu diminta membuat makalah tentang hak kekayaan intelektual, judul yang bisa Kamu gunakan yaitu “Mengenal Perbedaan Jenis HAKI Yang Ada Di Indonesia”.

Setelah judul, hal kedua yang harus ada di dalam sebuah makalah yaitu pendahuluan. Di dalam pendahuluan terdapat 2 hal yang harus tercantum, pertama latar belakang dan yang kedua rumusan masalah. Dalam latar belakang Kamu bisa menuliskan tentang pentingnya HAKI di Indonesia dan berbagai kasus yang berkaitan tentang HAKI. Dari latar belakang tersebut dapat ditarik sebuah rumusan masalah, yaitu bagaimana perbedaan jenis HAKI yang ada di Indonesia. Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui perbedaan jenis HAKI yang berlaku di Indonesia.

Kemudian, beralih ke bab selanjutnya yaitu tinjauan pustaka. Dalam bagian ini Kamu bisa menuliskan banyak poin, mulai dari definisi HAKI, dasar hukum HAKI, jenis HAKI, manfaat HAKI, dan masih banyak lagi. Pada bagian ini gunakanlah referensi dari sumber terpercaya dan kredibel.

Setelah menyusun tinjauan pustaka, langkah selanjutnya yaitu menyusun pembahasan. Bagian ini cenderung mengkorelasikan kasus yang sudah ditulis pada bab 1 dengan tinjuan pustaka pada bab 2. Kemampuan berlogika dan menulis efektif sangat dibutuhkan dalam tahap ini. Agar makalahmu bisa dipahami oleh pembaca dengan baik.

Dan langkah terakhir yaitu menyusun penutup, di dalam penutup terdapat poin kesimpulan dan poin saran/rekomendasi. Pada poin kesimpulan, buatlah summary dari hasil yang telah Kamu peroleh pada bab 3 pembahasan. Kemudian, susunlah saran berdasarkan pembahasan yang ada.

Setelah membahas contoh susunan makalah yang benar, bagian selanjutnya akan dibahas mengenai simbol-simbol yang terkait dengan hak kekayaan intelektual.

Simbol Tentang HAKI Di Indonesia

Semua karya yang terdaftar dalam HAKI, akan mendapatkan simbol khusus yang menjadi penanda bahwa ia telah resmi terdaftar dalam HAKI. Ada beberapa simbol yang harus Kamu pahami, diantaranya:

1. TM

Jika Kamu menemui simbol TM pada sebuah produk, berarti produk tersebut sedang dalam masa pengajuan kepemilikan atau perpanjangan merk dagang. Simbol TM pada produk tersebut memiliki kepanjangan trade mark.

2. SM

Tanda ini berguna memberikan HAKI kepada suara-suara unik dalam sebuah film. Sebab, tak jarang oknum tak bertanggung jawab menggunakan suara tersebut untuk kegiatan komersil tanpa seizing pemilik.

3. R

Jika suatu produk bertanda R atau registered mark, berarti produk tersebut telah terdaftar dalam HAKI. Jadi jangan sekali-kali meniru produk tersebut tanpa izin, karena dapat diproses secara hukum.

4. C

Huruf C merupakan tanda bahwa suatu produk mempunyai hak cipta atau copyright. Dan siapapun yang ingin menggunakannya harus mencantumkan nama penciptanya. Jika tidak, maka orang tersebut bisa saja dianggap melanggar HAKI dan dapat diproses berdasarkan peraturan yang berlaku.

Nah itulah informasi tentang makalah hak kekayaan intelektual yang banyak dibingungkan orang. Setelah membaca artikel ini, pasti pengetahuan tentang penyusunan makalah HAKI semakin bertambah. Sekarang Kamu bisa menyusun makalah dengan baik dan benar.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 09 Februari 22 - 11:54 WIB
Dalam Kategori : HAKI, HAK KEKAYARAN INTELEKTUAL
Dibaca sebanyak : 86 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank