Cek Merek Dagang dan Mendaftarkan Secara Legal

Cek Merek Dagang dan Mendaftarkan Secara Legal

Cek Merek Dagang dan Mendaftarkan Secara Legal adalah poin prioritas untuk keberlangsungan bisnis anda. Tujuan utama penggunaan merek dagang adalah untuk membedakan barang dan jasa perusahaan anda dari produk para pesaing. Inilah yang mendasari pentingnya merek dagang antara satu produk dengan produk lainnya, agar tidak terdapat kesamaan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman konsumen dalam membedakan barang.

Anda harus melakukan Cek Merek, memantau permohonan pendaftaran merek, dan meninjau daftar permintaan yang diiklankan. Ketika petugas menganggap tepat untuk mendaftarkan merek dagang maka dia mengeluarkan perintah untuk mempublikasikan aplikasi pendaftaran selama tiga bulan sebagai cara untuk menginformasikan kepada publik tentang merek dagang tersebut. Beberapa tahapan atau proses harus anda lewati untuk mendapatkan merek legal.

Anda harus memperhitungkan usia merek dagang produk anda, terutama ketika merek dagang anda sedang dipertimbangkan akan ada efek retrospektif sejak terdaftar tanggal aplikasi tersebut. Setelah merek dagang anda terdaftar, maka usia merek dagang anda akan berlaku terhitung selama satu dekade sejak tanggal pengajuan merek dagang legal. Anda dapat melakukan perpanjangan usia merek dagang selama sepuluh tahun ke depan setelah masa tersebut.

Permohonan perpanjangan atas merek dagang harus diajukan dalam waktu tiga bulan sebelum tanggal kedaluwarsa atau dalam waktu enam bulan dari tanggal merek dagang legal. Berkaitan usia merek dagang ini, anda harus benar-benar memperhatikan kapan batas kadaluarsa merek dagang anda, agar perusahaan tidak perlu kehilangan hak legal atas merek dagang yang paten. Jika merek dagang anda kadaluarsa, maka anda perlu mendaftarkan ulang merek dagang anda.

Apa yang dimaksud dengan merek dagang produk akan ditentukan dan dibagi berdasarkan dengan nilai kegunaan atas merek dagang produk tersebut?

Meskipun aplikasi merek dagang terdaftar ini dapat dilakukan tanpa memerlukan agen, tapi masa pengajuan merek dagang terdaftar perlu waktu lebih lama untuk menerima hasil dari badan hukum resmi. Jika ada agen yang mengajukan permohonan menjadi firma hukum maka badan hukum terkait akan mengambil tindakan korektif sesuai dengan hukum serta menindaklanjuti tindakan untuk memastikan bahwa pemohon tidak kehilangan hak atas permintaan tersebut

Bagi anda para pengusaha yang akan melakukan cek merek dagang, anda harus menyiapkan beberapa dokumen antara lain satu lembar fotokopi KTP pemilik merek dengan ukuran dua belas piktogram, dan atau sertifikat asli perusahaan kemitraan versi terkini. Proses pendaftaran memakan waktu sekitar dua hari sejak tanggal penerimaan dokumen. Sedangkan proses pemeriksaan memerlukan waktu satu hari setelah anda melakukan pendaftaran merek dagang.

Sesuai dengan peraturan terbaru maka setelah anda mengirimkan aplikasi pendaftaran, maka anda perlu menunggu sekitar satu tahun untuk persetujuan sertifikat pendaftaran. Beberapa Negara maju kini telah melengkapi pelayanan pendaftaran merek dagang skala Internasional. Layanan verifikasi dagang adalah layanan yang membantu anda untuk memeriksa kesamaan dari merek yang ingin Anda daftarkan dengan merek yang sudah terdaftar atau merek orang lain.

Layanan cek merek https://pendaftaranmerekdagang.com/cek-merek/ merupakan langkah awal dalam membangun sebuah merek dagang perusahaan. Banyak pengusaha yang salah langkah, yangmana mereka membuat logo untuk produknya sebelum melakukan pengecekan merek dagang. Kelalaian ini menyebabkan Anda membuang waktu, uang dan harus memulai semua proses dari awal. Sebaiknya, anda melakukan proses cek merek dagang dan mendaftarkan ke pihak terkait kemudia membuat logo merek.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 05 Februari 22 - 19:30 WIB
Dalam Kategori : MEREK DAGANG, DAFTAR MEREK
Dibaca sebanyak : 85 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank